THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 03 September 2010

LAKSA, Si Kuah Kuning

Laksa yang umum ada di Indonesia









Laksa adalah mie yang berkuah gurih dan pedas, yang merupakan warisan kuliner budaya Peranakan, yang merupakan campuran dari unsur China dan Melayu yang banyak ditemui di Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Asal-usul nama "laksa" tidak  begitu jelas. Ada tiga teori :
[1] berasal dari bahasa Hindi = lakhshah, merujuk pada jenis sohun.  
[2] Kata "laksa" berasal dari kata China "sha la" (辣 沙; diucapkan "latsa" dalam bahasa Kantonis), yang berarti "pasir gurih" dikarenakan udang air tawar memberikan tekstur berpasir untuk sausnya.
[3] Teori terkini adalah bahwa nama itu berasal dari kata bahasa Hokkien yang berarti  "kotor" dikarenakan penampilannya.

Tipe-Tipe Laksa
Ada dua tipe laksa yaitu : Laksa Kari dan Laksa Asam.
Laksa Kari adalah laksa yang berkuah santan yang dicampur dengan mie, sedangkan Laksa Asam adalah laksa dengan kuah ikan yang asam dicampur dengan mie. Mie yang tebal dari beras juga dikenal sebagai Laksa Mie sering kali digunakan sebagai campuran dari kuah Laksa, walaupun bihun/mihun juga biasa digunakan sebagai bahan campuran laksa.



LaksaKari

Laksa Sarawak

Semangkuk Laksa Penang, salah satu laksa asam.

Laksa Johor




Laksa Kari (di berbagai tempat seringkali disebut secara singkat “laksa”) adalah sup yang berkuah dengan bahan dasar santan kelapa. Bahan utama dari berbagai macam versi dari Laksa Kari, termasuk  tahu, potongan daging ikan, udang and kerang. Beberapa pedagang juga menyediakan laksa ayam. Laksa biasanya disajikan dengan satu senidok penuh sambal cabai dan ditaburi ketumbar Vietnam atau kucai, yang di Malaysia biasanya disebut daun kesum.
Di Penang, laksa jenis ini biasanya disebut Mie Kari dibandingkan dengan sebutan Laksa Kari, dikarenakan perbedaan penggunaan dari Mie (mie kunig atau bihune hoon, kebalikan dari mie laksa yang berwarna putih dan tebal). Mie kari - Penang menggunakan darah babi beku, yang dianggap lezat oleh masyarakat keturunan Cina. Dua tempat yang terkenal untuk mencicipi mi kari yang lezat adalah di Lorong Seratus Tahun and Chulia Street.
Istilah "laksa kari" sering digunakan di Kuala Lumpur atau Singapura. Laksa  populer di Indonesia, Singapore dan Malaysia, seperti juga laksa young tau foo, lobster laksa, bahkan  juga Laksa Polos, yang hanya terdiri dari  mie dan saus.

Laksa assam

  • Laksa Pulau Pinang,juga dikenal sebagai assam laksa
  • Laksa Johor, berasal dari negara bagian Johor
  • Laksa Ipoh, berasal Ipoh, Malaysia, mirip Laksa Penang tetapi lebih asam
  • Laksa Kuala Kangsar
  • Laksa Perlis
  • Laksa Kedah
  • Laksa Kelantan

Laksa lainnya

  • Laksa Serawak, berasal dari Sarawak di pulau Kalimantan.
  • Laksa Bogor, berasal dari Bogor dan menggunakan oncom
  • Laksa Betawi, hampir mirip dengan Laksa Bogor tapi kuah Laksa Betawi memakai udang rebon.
  • Laksa Palembang, yang berbahan sama seperti burgo, pada lakso bentuknya menyerupai mie. Sama halnya dengan kuah burgo, lakso juga dimakan bersama kuah santan, hanya yang membedakan kuahnya memakai kunyit dan dicampur dengan bumbu lainnya.

(sumber : wikipedia.com)

0 komentar: